Game PS2 - Game PS3 - Game PC

Sunday 6 May 2012

Dvd ps2 tidak berputar

Kalau disk tidak mau berputar, maka itu :
Bisa berarti sinar laser dari dioda laser tidak ada, bisa karena diodanya mati, bisa karena kabel fleksibel yang menyalurkan daya dari MPEG Board ke dioda laser terputus.
Bisa juga karena sensornya sudah mendeteksi pantulan sinar, namun sinyal sensor tidak tersalurkan ke MPEG Board karena kabel fleksibel yang tidak menyalurkan informasinya.
Bisa juga karena permukaan komponen optiknya sudah kotor sehingga sinar dari laser dioda ke disk sudah lemah, demikian juga dengan pantulannya dari permukaan disk ke sensor.
Komponen optiknya yaitu permukaan lensa bagian atas (yang busa kita bersihkan), permukaan lensa bagian bawah, permukaan atas, bawah dan samping prisma, permukaan laser dioda dan permukaan sensor.
Selain permukaan lensa atas, kita tidak bisa membersihkannya sendiri. Di jaman awal ada yang namanya optic block, yaitu untuk CD 25 tahun lalu, teknisi membongkar optic block itu, membersihkan semua permukaannya dan memasangnya kembali dan umumnya optic block tersebut berfungsi kembali.

Sebenarnya cara kerja optic block apakah optick block untuk CD/MP3/VCD/DVD/MP4/PS adalah sama, yaitu saat kita letakkan disk, kemudian kita tutup atau masukkan lacinya, maka ada sakelar pada tutup atau mekanisme laci yang akan memerintahkan mikrokontroler, untuk menghidupkan laser dioda, kemudian muncul berkas sinar dari laser dioda ke prisma, ke lensa dan ke permukaan bawah disk. Permukaan bawah disk akan memantulkan sinar tersebut dan sinar tersebut akan menembus lensa, kemudian prima dan diterima oleh sensor.
Kalau sensor tidak menerima adanya sinar, maka display akan menampilkan informasi NO DISK.
Kalau sensor menerima adanya sinar, maka mikrokontroler akan memberikan tegangan gigi gergaji ke kumparan lensa, sehingga lensa akan naik turun, biasanya 3 kali.
Saat itu sensor akan menerima sinar gelap terang, di mana terang akan menandakan titik fokus yang paling tepat dan mikrokontroler akan memberikan tegangan tetap pada kondisi sinar paling terang dan kemudian memberikan tegangan pada motor spindel pemegang disk untuk berputar.
Nah itulah sepotong kisah mengenai cara kerjanya.

Jadi periksa fleksible kabelnya dari kemungkinan sudah ada yang putus karena umur atau ganti optic blocknya.

 

0 comments:

Post a Comment